Pemblokir Iklan Terdeteksi

Matikan adBlock anda untuk dapat mengakses situs ini.

translate to english

Pengertian web hosting dan macam-macam nya

macam-macam jenis web hosting dan pengertian nya

 

Hi friends, website merupakan hal yang penting dan sangat diperlukan dalam sebagian orang atau bahkan perusahaan besar tak luput dari yang namanya website dan hampir mereka memiliki website untuk perusahaan mereka sendiri. pemerintahan atau government di seluruh dunia juga memiliki website, lalu apakah kamu memerlukan website

website merupakan sekumpulan berkas yang dimuat dan ditampilkan ke browser dengan permintaan http ke server dan ditampilkan ke browser dengan protokol yang sama.

Dalam membuat website maka memerlukan tempat lokasi dimana file atau berkas tersebut di online kan untuk bisa di akses orang banyak, dalam hal ini biasanya website memiliki 3 pondasi dasar yaitu hosting,domain,server.

Hosting adalah sebuah penyimpanan berkas web dan domain adalah nama dari web kita supaya bisa diakses dan server adalah tempat menampung,mengatur data dalam website.

kurang faham ? Baca Pengertian lengkap mengenai alur data website 

Saat kalian ingin membeli web hosting kebanyakan provider hosting menawarkan berbagai jenis web hosting dengan harga yang berbeda dan kualitas juga mengikuti, lalu mana yang harus dipilih ? mana yang cocok untuk pemula ? mari kita bahas dalam artikel ini yang berjudul Pengertian dan jenis web hosting




1. Jenis web hosting

beberapa provider hosting menawarkan berbagai macam jenis ketika kita ingin membeli hosting, manakah yang cocok untuk kamu ?

1.Shared hosting

jenis hosting ini saya masukkan paling atas karena dari kata shared sendiri adalah terbagi, jadi shared hosting adalah jenis hosting yang resource,ram,cpu,server, dll. terbagi untuk semua pengguna. 

keunggulan dari shared hosting ini adalah harganya yang relatif lebih murah daripada jenis hosting yang lain karena semua resource yang dibutuhkan akan terbagi untuk semua user,namun kekurangan nya adalah jika salah satu saja ada yang down otomatis semua user dalam server shared akan nge down juga.

shared hosting Sangat cocok untuk pemula dengan visitor yang relatif lebih rendah dengan skala kecil.

dalam memilih hosting jenis ini kamu tak perlu repot-repot mengelola server dan sumber daya lainya karena full di managed oleh provider hosting


2. Cloud Hosting

cloud Hosting berbeda dengan shared hosting,di sini kita akan mendapatkan pembagian server dan sumber daya tersendiri sehingga tak dipengaruhi oleh user lain tak seperti shared hosting.

dalam hal ini keunggulan dari cloud hosting adalah website lebih aman dari terjadi nya down, Jika salah satu server yang digunakan untuk menampung hosting ngedown maka bisa di backup dalam server lain.

cloud Hosting cocok untuk website dengan skala menengah yang membutuhkan resource lebih dan daya tampung visitor lebih banyak.

namun, dari segi harga relatif lebih tinggi.
dalam hal server, cloud Hosting full managed server masih dipegang dan di control oleh provider hosting tersebut. sangat cocok untuk orang yang tak mengerti mengenai server.


3. Wordpress hosting

jenis hosting ini sangat cocok untuk penggunaan yang dikhususkan untuk CMS wordpress, Untuk masalah kecepatan server tentang Sangat baik karena dioptimasi untuk penggunaan wordpress.

wordpress hosting ini cocok untuk kalian yang ingin membuat website atau blog menggunakan wordpress, dari segi biaya sedikit mahal untuk layanan hosting yang hanya digunakan untuk CMS wordpress saja, 

jenis hosting ini memiliki type mirip seperti shared hosting diatas, penggunaan resource,ram,cpu,server terbagi untuk user lainnya.

4. VPS (Virtual private server)

vps memungkinkan kamu untuk mengelola dan mengatur server mu sendiri dalam komputer virtual, artinya dalam server yang kamu miliki tak ada website lain selain website mu sendiri.

dalam hal harga cukup mahal tergantung spesifikasi server apa yang kita dapatkan.

kelebihan dari vps itu sendiri adalah kebebasan dalam mengatur sumber daya dalam server, kamu dapat membuat banyak web hosting dalam akun mu dan tak akan terpengaruh terhadap pengguna lain,

5. dedicated server

dedicated server sedikit berbeda dengan vps, dalam dedicated server kamu berarti menyewa server khusus untuk dirimu sendiri. meski pengertiannya tak jauh berbeda dengan vps, dalam dedicated server kamu memiliki root access atau akses penuh terhadap server kamu sendiri, bebas mengatur resource, bandwidth dan sumber daya lainya tanpa batas.

Jika diibaratkan dedicated server adalah sekumpulan vps menjadi 1, dengan begini kita tau kelebihan dedicated server dengan vps

dalam masalah harga, dedicated server jauh lebih mahal karena kita menyewa server khusus untuk kita sendiri dan tak diganggu oleh pengguna lain dan memiliki full kontrol terhadap server dan resource.

6. Unlimited hosting

unlimited hosting masih masuk dalam kategori shared hosting, namun jenis hosting ini memiliki fitur yang berbeda yaitu dengan adanya unlimited disk space, database, bandwidth dan sebagainya,dalam beberapa fitur yang diberikan oleh provider hosting user dapat membuat banyak domain yang dihosting dalam 1 paket Tanpa perlu membeli hosting lagi.

Harga standar dengan fitur unlimited cocok untuk website dengan kebutuhan skala standar yang memerlukan hosting lebih tanpa harus membeli vps atau dedicated server sendiri





Penutup

dengan membaca pengertian dan jenis web hosting di atas kita menjadi tau mana paket hosting yang cocok, jika Masih sangat pemula atau ingin mencoba yang gratis dulu sudah saya siapkan artikel nya di Kumpulan web hosting gratis Cocok untuk pemula selamanya
sampai jumpa di artikel selanjutnya...





Posting Komentar

Berkomentar lah dengan sopan dan tidak spam, Dan Centang Kotak (beritahu saya) untuk mendapatkan Update mengenai komentar kamu
© W4FXploit . All rights reserved. Developer By W$FXploit
W4FXploiters Support
Silahkan beritahu apa yang bisa kami bantu dan kami akan menjawab pertanyaan Anda.
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Kirim